Coba

Jumat, 24 Mei 2013

#Kanker Payudara Dan Cara Mengatasinya

Kanker Ini merupakan kanker pada bagian payudara, jenis kanker ini paling umum diderita kaum wanita. Bahkan Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 - 1000. Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh kaum perempuan. 


Pemberitaan Tentang Artis Hollywood Yang Beresiko Penyakit Ini
Angelina Jolie, pemeran Lara Croft dalam Film Tomb Raider, baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan yang ditulis di sebuah kolom New York Times. Jolie menyatakan bahwa dirinya telah melakoni double mastectomy alias mengangkat dua payudaranya. Langkah ini ia tempuh dalam upaya menurunkan risiko kanker payudara. Jolie mengungkapkan bahwa dirinya berisiko 87 persen terkena kanker payudara dan 50 persen kanker ovarium, karena mewarisi gen dari sang ibu, Marcheline Bertrand yang meninggal di usia 56 tahun akibat kanker ovarium.

Pernyataan WHO
Kanker payudara membunuh sekitar 458.000 orang setiap tahunnya. WHO sendiri memperkirakan, satu dari 300 perempuan mempunyai resiko penyakit yang sama seperti Penderita penyakit ini. Organisasi Kesehatan Dunia ini memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus kanker payudara akan meningkat. Dikhawatirkan, satu dari delapan wanita akan mengalami risiko mengembangkan penyakit ini dalam hidupnya. Dewan Riset Medis India (ICMR) juga menyimpulkan bahwa selama dua dekade terakhir telah terjadi peningkatan drastis dalam statistik yang berkaitan dengan wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara. Seperti diberitakan Times of India, di banyak negara, kanker payudara telah dinyatakan sebagai  bentuk kanker paling banyak menyebabkan kematian pada wanita selain kanker serviks.

Gejala Awal Dari Kangker Payudara
    #Kanker Payudara Dan Cara Mengatasinya
  • Jangan menyepelekan benjolan yang terdapat di payudara sekecil apapun itu. Umumnya, benjolan tidak terasa sakit dan ukurannya hanya sebesar kacang tanah. Tetapi, jika benjolan tersebut merupakan kanker lama-kelamaan ukurannya akan membesar. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara teratur. Jika ada benjolan yang mencurigakan segera periksa ke dokter.
  • Perubahan bentuk dan warna pada puting
    Jika ada perubahan bentuk atau warna pada puting susu, Anda juga harus lebih waspada. Biasanya pada pasien kanker payudara puting tertarik ke dalam (retraksi), berwarna merah atau kecoklatan. Keadaan kulit pun mengkerut seperti kulit jeruk.
  • Keluar darah dari puting
    Salah satu gejala kanker payudara adalah keluarnya darah dari puting. Warnanya pun tidak selalu merah bisa juga agak kecoklatan. Untuk itu jika puting mengeluarkan cairan berwarna, segeralah konsultasi ke dokter.
  • Pembesaran kelenjar getah bening
    Pembesaran atau pembangkakan kelenjar getah bening juga salah satu gejala kanker payudara. Jika Anda menemui pembesaran getah bening di ketiak, bengkak pada lengan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.
Akibat Terjadinya Penyakit Kanker Payudara
    #Solusi Untuk Kangker Payudara
  • Usia wanita diatas 60 tahun sangat rentan terkena penyakit kanker payudara.
  • Faktor keturunan.
  • Faktor genetik dan hormonal.
  • Menarke ( menstuasi pertama ) sebelum usia 12 tahun, manopause setelah usia 55 tahun, kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
  • Obesitas pasca manopause.
  • Pemakaian alkohol lebih dari 1-2 gelas/hari bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.
  • Bahan-bahan kimia. DES ( dietilstilbestrol ) Wanita yang mengkonsumsi DES untuk mencegah keguguran memiliki resiko tinggi menderita kanker payudara.
Cara Pengobatan:
  • Pengobatan yang paling lazim digunakan oleh para ahli adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.
  • Buah Sirsak
    Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset McLαughlin menunjukkan dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberangus sel kanker. Berdasarkan riset McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 µg/ml, sedangkan ED50 senyawa murni cuma < 4 µg/ml. Artinya dengan dosis rebusan 10 – 15 daun sirsak masih aman dikonsumsi. Sumber lainnya, The Journαl of Natural Product membeberkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak mematikan sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi. 
  • Buah Manggis
    Journal of pharmαcology, mempublikasikan bahwa kandungan zat xanthone pada kulit manggis memilik efek anti kanker seperti kanker payudara , kanker darah (leukeumia) dan kanker hati . Selain itu juga xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosit. Xanthone juga memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. manggis juga kaya akan mineral kalium yang membantu metabolisme energi. Khasiat zat xanthone juga bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkαrndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONE dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker payudara manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.
Beberapa penyampaian tadi adalah bagaimana anda dapat mengambil kesimpulan untuk mengatasi penyakit tersebut agar tidak bertambah parah dan bagi anda yang belum mengalaminya agar lebih berhati-hati, dan tentunya tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk melakoni Gaya Hidup Sehat.